top of page

Pendakian Gunung Sumbing via Mangli Kaliangkrik



Setelah gunung Sindoro, rasanya tak lengkap jika tidak mendaki gunung kembarannya (katanya) yaitu gunung Sumbing. Pendakian gunung Sumbing ini aku ikut Backpacker Jakarta dengan sistem sharecost. Susah senang bareng - bareng begitulah.


Berangkat dari Sekre BPJ di Cawang UKI jam 9 malam, sampai di basecamp sekitar jam 8 an pagi. Sesampainya di basecamp langsung persiapan dan menata ulang barang bawaan. Untuk peralatan bersama sudah dibagi dan dibuat kelompok.


Untuk menuju pos 1, naik ojek dulu ya. Kalaupun mau jalan lumayan dan juga semuanya juga pakai ojek. Ongkos naik ojek dari basecamp ke pos 1 Rp 25.000. Sensasinya tentu tak akan terlupakan. Lumayan hemat tenaga dan waktu sekitar 15 menitan.


Awal pendakian dimulai dari pos 1 sekitar jam 11 siang. Perjalanan menuju pos 2 lupa berapa jam, karena waktu itu jam ku ketinggalan di basecamp. hahaha. Kayaknya sih hampir jam 3 sore karena tak lama terdengar suara adzan. Di pos 2 ini ada aliran sungai yang airnya dingin. Sekalian istirahat dan shalat.


Lanjut berjalan dari pos 2 menuju pos 3 jalur pendakian mulai melewati berbagai medan. Mulai dari jalan bebatuan hingga tiba-tiba trek di jalur air dadakan. Hal tersebut membuat jalur semakin licin. Kabut mulai turun. Hingga akhirnya sampai di Tanjaka Debus.


Yaps, setelah tanjakan debus adalah pos 3. Disanalah tujuan camp nya. Karena di camp 4 anginnya terlalu semriwing. Dari tanjakan debus sudah bisa melihat pemandangan kota. Karena kabut, sesekali bisa melihat gagahnya gunung Merapi dan Merbabu.


Sampai juga di pos 3. Cari tempat untuk mendirikan tenda dan masak untuk makan malam. Yah, aku sih ngga mau ribet jadi cukup masak indomie aja dan roti. Malam itu begitu cerah hiingga lampu-lampu rumah di bawah terlihat.


Malam berlalu, jam 4 siap-siap summit attack. Perjalanan dari pos 3 hingga puncak ditempuh kurang lebih 4 jam. Karena agak kesiangan, akhirnya menyaksikan sunrise di jalur trek. But, Alhamdulillah banget bisa menyaksikan golden sunrise. Bersyukur banget pokoknya. Di musim hujan begini masih bisa menyaksikan sunrise yang sangat mempesona ini.





Akhirnya sampai di puncak Sejati gunung Sumbing 3.371 mdpl. Ucapan kagum dan bersyukur bisa menggapai gunung tertinggi ke 3 di pulau Jawa. Setelah berfoto dan mengabadikan momen saat nya turun dan kembali ke pos 3.


Tak lama kemudian kabut turun. Tapi untungnya tidak hujan. Oiya, mulai pos 3 menuju ke pos 4 ini banyak jalan bercabang. Jadi jangan sampai salah jalan ya. Karena kabut, aku sempat memilih salah jalur. Sih belum terlalu jauh. Padahal kalau tidak ada kabut tenda sudah terlihat. Hahaha.





Setelah sarapan, ya cukup dengan indomie wkwkwk dan bersiap untuk turun. Perjalanan turun cukup berat karena dari pos 2 hujan mulai turun. Dan masih berlanjut sampai pos 1. Dengan jalan perlahan namun pasti sampai lah ya.


Dari pos 1 menuju basecamp juga tersedia ojek dengan tarif Rp 20.000. Sangat membantu sih sudah lelah dan basah juga lapar. Semuanya dah wkwkwk. Akhirnya sampai basecamp dengan selamat. Dengan ini pendakian gunung Sumbing via Mangli Kaliangkrik selesai.


Lebih seru kalau lihat video nya ding ya. Cuzz dibawah ini.





Terimakasih buat teman-teman semuanya.




-------------------------------------------------

Music by Ben Rector - Kids

https://youtu.be/jpDSFCnIQY4

-------------------------------------------------

2 comments

2 Comments


ade
ade
Feb 25, 2021

Ok


Like
Cholict
Cholict
Mar 06, 2021
Replying to

Yuks de

Like
bottom of page